Oleh Media Center   Selasa, 29 Januari 2019
Perlu Keserasaian Antar Provinsi dan Kabupaten Dalam Mengatur Tenaga Kerja
42 Kali dilihat
Pemerintahan

MediCenter,Tabalong – Kabupaten Tabalong menjadi tuan rumah rapat koordinasi teknis bidang ketenagakerjaan dan ketransmigrasian se Kalimantan Selatan di Ballrom Hotel Aston Tanjung, Senin malam (29/1).

Rapat koordinasi yang dipimpin oleh Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Ketransmigrasian Kalimantan Selatan, Surya Norman ini bertujuan agar adanya keselarasan antar kabupaten dan provinsi dalam menata program ketenagakerjaan.

Karena menurutnya, hal ini dianggap penting mengingat saat ini Gubernur Kalimantan Selatan mencanangkan program “Kalsel Terampil”. Dimana program ini.

“Untuk mewujudkan kalsel terampil ada keterpaduan program dan kegiatan antara kabupaten dan provinsi” jelasnya.

Ia mencontohkan, bahwa saat ini banyak anggaran pelatihan di APBN yang langsung turun ke BLK –BLK di Kabupaten tanpa sepengetahuan Disnakertrans Provisnsi Kalimantan Selatan.

“Nah dengan adanya keterpaduan ini kita saling sharing berapa yang turun kesana” tambahnya.

Sementara itu, Bupati Tabalong, H. Anang Syakhfiani yang membuka secara langsung rapat tersebut mengatakan bahwa saat ini memang sektor ketenagakerjaan menjadi salah satu sumber konfilk sosial di kabupaten Tabalong. Karena mengingat sektor pertambangan masih menjadi andalan bagi warga tabalong.

Tetapi dalam menyikapi hal itu, melalui Disnaker Tabalong dan BLK permasalahan antara masyarakat tambang dan non tambang sudah bisa diseimbangkan, dimana terbukti terhitung dari tahun 2013 hingga 2018 sudah tercatat lebih dari 5178 wirausaha baru yang diciptakan oleh Pemda Tabalong.

“nah melalui rapat ini kami harapakan agar apa yang kita lakukan hari ini bisa membuahakan kesepakatan sehingga kami bisa mendapatkan pelajaran agar upaya kami mengatur masalah tenaga kerja di tabalong lebih baik lagi” jelas Anang. (Gilang)

Sebagian Berawan
27° | per 08:54 WITA