Oleh Media Center   Selasa, 15 Januari 2019
M Asran Noor Telaten Punguti Sampah
66 Kali dilihat
Sosial & Budaya

MediaCenter, Tabalong - Setelah kumandang subuh, M Asran Noor sudah sibuk menyapu tumpukan sampah yang terserak di Taman Giat Kota Tanjung, Kabupaten Tabalong, Selasa (15/1). Pria sepuh ini masih giat beraktivitas di tengah usianya yang menapaki 86 tahun.

Mengenakan seragam kuning, Asran telaten memunguti sampah-sampah untuk ditaruh di bak truk berkelir kuning. Sejak 27 tahun lalu, ia melakoni peran sebagai pasukan kebersihan alias pasukan kuning di Kota Tanjung. Di tengah usia yang makin renta, Asran terpaksa kerja menyapu sampah demi menghidupi keluarganya meskipun honornya tak seberapa.

“Untuk menafkahi satu orang anak laki-laki yang duduk di bangku sekolah SLTA dan satu cucu masih sekolah dasar. Saya senang bisa kerja di sini,” ucap Asran Noor kepada banjarhits.id, Selasa (15/1).

Asran mesti tahan banting karena pasukan kuning tak kenal cuaca saat bekerja. Ia kerap kerja di tengah terik matahari maupun saat gerimis mengguyur. Asran rutin bekerja sebelum subuh pukul 06.00 sampai 10:00 wita.

Ia berharap adanya kesadaran warga Kota Tanjung saat membuang sampah. Maklum, Asrani sering menjumpai warga kota yang sembarangan membuang sampah di kawasan Taman Kota Tanjung.

“Padahal lokasi itu baru saya bersihkan, dan menariknya saya masih ada di sana. Sampah, selain tidak enak dilihat, juga bisa mengakibatkan penyakit,” bebernya. (Mona)

Sebagian Berawan
27° | per 08:54 WITA