Oleh Media Center   Jumat, 25 Januari 2019
26 Buah Asal Tabalong Dipamerkan
92 Kali dilihat
Khas Daerah

MediaCenter,Tabalong – 26 buah asal Tabalong yang dipamerkan di acara kontes Durian dan Pemeran buah Eksotik di Kiram Park ,Kamis (26/1) menjadi tempat favorit bagi pengunjung.

Hal tersebut terlihat dari ratusan pengunjung yang singgah dari sekedar melihat , mencicipi dan juga hanya untuk mendokumentasikan lewat kamera.
Kepala Dinas Pertanian melalui Kepala Seksi Kasi Buah dan Tanaman Hias Dinas Pertanian Kabupaten Tabalong Endang Susilowati Dwi Hartati mengatakan Tabalong sendiri membawa 26 jenis buah eksotis dan 11 buah jenis durian dan semua itu dipamerkan dalam acara tersebut.

“Sebenarnya semua buah menjadi favorit tetapi yang paling banyak ditanyakan pengunjung yakni buah binturung,selain memiliki banyak manfaat dan khasiatnya yakni pengobatan anemia dan kanker darah dengan cara diramu,” kata Endang,

Lanjut Endang, Buah binturung sendiri sebenarnya buah hutan dengan ketinggian pohon 25 meter yang berasal dari desa sulangai yang ada hanya di Tabalong, “ Jadi kenapa buah ini kita tampilkan karena selain unik tidak ada didaerah lain, pengunjung juga menambah lebih mengenal jenis buah lain dari Tabalong dan mudah mudahan bisa dipatenkan,”lanjutnya.

Dirinya berharap dengan kegiatan ini menjadi titik balik untuk Tabalong dalam melestarikan buah buah lokal , selain nantinya bisa dibudidayakan buah ini nantinya memepunyai nilai yang akhirnya menambahkan pendapatan masyarakat Tabalong.

Salah satu pengunjung asal Banjarbaru, Ikrimah menilai kegiatan ini sangat bermanfaat sekali selain dapat mengenal bermacam macam jenis buah dan beragam juga sebagai wahana wisata terkait buah buahan.

“Bagus sekali acara ini selain bisa mengenal macam buah yang langka dan unik agar bisa dilestarikan supaya anak dan cucu bisa lebih mengenal dan kedepan buah ini bisa dilestariak,”tuturnya,

Dan untuk Stand Tabalong sendiri dalam memperkenalkan buahnya sangat bagus dan beragam karena lebih banayk mengenal buah buah jenis baru.(Said/Mona)

Sebagian Berawan
27° | per 08:54 WITA