Oleh Media Center   Kamis, 13 Desember 2018
Kader Desa Jadi Andalan Sukseskan KB
55 Kali dilihat
Sosial & Budaya

MediaCenter,Tabalong - Pemerintah mulai mengandalkan peran Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD) dalam menyukseskan Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di daerah.

Keterangan tersebut disampaikan Kepala Dinas DP3AP2KB Kabupaten Tabalong, H.Hormansyah di sela acara Jambore Kader PPKBD dan Sub PPKBD (IMP) Serta Bina Keluarga Balita (BKB) Kabupaten Tabalong tahun 2018, Kamis (13/12) di Pendopo Bersinar.

“Kegiatan ini  pertama kalinya kami laksanakan,  selain untuk memberikan apresiasi kepada kader PPKBD dan Sub PPKBD (IMP) Serta Bina Keluarga Balita (BKB) dengan memberikan insentif,kegiatan ini agar terjadinya komunikasi dan silahturahmi kepada semua kader se Kabupaten Tabalong.”ujarnya.

Selain itu ,Tambah Hormansyah tujuan lain dari  kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan,pemahaman dan wawasan serta semangat para kader tentang program kependudukan KB dan pembangunan Keluarga.

Diacara yang sama, Bupati Tabalong dalam sambutannya menyampaikan dengan kegiatan ini menjadikan semangat dan motivasi para kader untuk mensukseskan program KB di Tabalong yang semakin tahun semakin meningkat.

Dikatakannya, kegiatan ini menjadi sangat penting  karena diketahui bahwa upaya pemerintah untuk menekan Total Fertility Rate (TFR) pertumbuhan penduduk di tabalong mencapai dua persen lebih dan jumlah anak TFR nya dua koma sekian kalau ditotal rata rata mencapai dua lebih.

“Itu artinya apa apabila kita bisa mempertahanan TFR secara konsisten di tahun akan datang,insha allah tingkat pertumbuhan penduduk di Tabalong dapat kita tekan lebih kurang sekitar dua persennya setiap tiap tahun.” kata Bupati.

Terakhir, Bupati Anang mengucapkan terimakasih kepada semua kader atas kerja keras dan pengabdiannya dalam pelaksanaaan program KB di Tabalong berjalan dengan baik.

“terimakasih banyak saya ucapkan kepada semua kader, pertahankan dan tingkatkan lagi prestasi ,serta kerja keras dan semangat yang tinggi ini , insya allah saya akan berusaha agar insentif dan biaya operasional kader akan ditingkatkan ditahun kedepannya.”pungkasnya.

Adapun kegiatan Jambore ini diikuti sebanyak 1.590  orang kader yang terdiri dari kader PPKBD sebanyak 131 orang, Kader Sub PPKBD 749 orang dan kader BKB 635 orang.

Selain sebagai ajang silahturahmi kegiatan ini dilanjutan dengan bebeberapa rangkaian acara seperti lomba paduan suara, lomba yel yel yang didikuti semua kader masing masing kecamatan se Kabupaten Tabalong. (MC Tabalong/Said).

Sebagian Berawan
27° | per 08:54 WITA