Oleh Media Center   Kamis, 27 Desember 2018
DIPA Tabalong Meningkat Ke 422 Milyar
146 Kali dilihat
Ekonomi & Bisnis

MediaCenter, Tabalong- Tahun 2019, nominal Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) yang diterima Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Tanjung, mengalami kenaikan sebesar 4 persen.

Jika pada tahun 2018 dana DIPA yang diterima sebesar Rp 1,23 triliun, namun tahun 2019 dana DIPA meningkat menjadi Rp 1,27 triliun. Dimana jumlah ini sendiri diperuntukkan bagi Kabupaten Tabalong, Balangan, dan HSU, yang berada di bawah naungan KPP Tanjung.

Hal tersebut disampaikan Kepala KPPN Tanjung, Bayu Setiawan Yuniarto saat membua kegiatan penyerahan Daftar Isian Pelaksanaaan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2019, Rabu (26/12) di Gedung Pendopo Bersinar. Untuk Tabalong sendiri dana DIPA tahun 2019 sebesar Rp 422,7 milyar, yang terbagi untuk satuan kerja vertikal kementerian atau lembaga sebesar Rp 205,89 milyar, dan untuk dana alokasi khusus fisik serta dana desa sebesar Rp 216,8 milyar.

“Jadi kegiatan ini merupakan tahap akhir dari rangkaian siklus penganggaran dan merupakan langkah awal dari pelaksanaan kegiatan pemerintahan tahun 2019 yang telah ditetapkan melalui undang undang Nomor 12 Tahun 2018 Tentang APBN Tahun 2019 tanggal 22 November 2018.”kata Bayu.

Sementara itu, Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani dalam sambutannnya menuturkan, alokasi DIPA tahun 2019 yang naik sebesar empat persen, perlu dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk pembangunan daerah, agar selaras dengan pengembangan pembangunan.

“Jadi laksanakanlah apa yang sudah direncanakan, jangan melaksanakan sekedar apa yang kita inginkan, insya allah jika hal tesebut dilakukan maka kegiatan pembangunan di tiga kabupaten ini bisa berjalan dengan baik, lancar dan semua itu dapat dipertanggung jawabkan.”jelasnya.

Bupati Anang berharap tahun-tahun selanjutnya, DIPA Tabalong agar terus meningkat, dan tidak mengalami pemangkasan.

Sebagai informasi  Alokasi DIPA Tabalong paling besar untuk fungsi pendidikan sebesar Rp 86,65 milyar, atau mencapai 42 persen. Sedangkan untuk fungsi ketertiban dan keamanan sebesar Rp 67,19 milyar atau mencapai 33 persen dari total alokasi belanja instansi vertikal kementrian lembaga.

Pada 26 Desember lalu, KPPN Tanjung menyerahkan DIPA tahun 2019 dan penandatanganan pakta integritas secara simbolis yang disaksikan Bupati Tabalong.

Adapun kegiatan ini di selenggarakan oleh KPPN Tanjung yang dihadiri  oleh, Kapolres Tabalong,Hulu Sungai Utara,dan Balangan, Ketua Pengadilan Negeri Tanjung, dan Amuntai, Jajaran KPPN Tanjung, dan kepala instansi Vertikal dari tiga Kabupaten. (MC Tabalong/Said).

Sebagian Berawan
27° | per 08:54 WITA