Oleh Media Center   Senin, 15 Oktober 2018
Tabalong terima bantuan 100 RTLH dan 80 Kube dari Kemensos RI
156 Kali dilihat
Pemerintahan

MediaCenter,Tabalong – Direktur penanganan Fakir miskin Pedesaan Kementerian Sosial, Naziarto saat menghadiri acara Pembukaan Sosialisasi Bantuan Kelompok Bersama (KUBE), Program Keluarga Harapan dan Bantuan Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak  Huni serta Sarana Lingkungan Tahun 2018, Senin (15/10) di Pendopo Bersinar, mengatakan hingga saat ini Kementerian Sosial (Kemensos) terus konsen dalam pengentasan dan pengurangan angka kemiskinan di Indonesia.

Salah satunya dengan  bantuan Bakti Sosial kepada Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Program Keluarga Harapan (PKH) dan Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak  Huni untuk masyarakat Kabupaten Tabalong.

Untuk Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak  Huni (RTLH), Kata Naziarto, yang awalnya Cuma 80 buah rumah menjadi 100 buah , tambahan bantuan tersebut lantaran karena saat melakukan verifikasi dan validasi ke lapangan secara langsung melihat masih banyak rumah yang tidak layak huni di Kabupaten Tabalong.

Oleh sebab itu, untuk target jumlah bansos yang akan diberikan sangat tergantung kepada kesiapan daerah sesuai dengan proposal yang telah disampaikan kepada Kemsos RI.

“Kalau syarat nya cukup yakni dengan menyiapkan proposal dengan tertib administrasi dan tertib hukum nantinya dalam penyaluran bantuan dan pelaksanaan lebih aman.’bebernya.

Sedangkan untuk KUBE kata Naziarto nantinya akan diusulkan sebanyak 80 kelompok yang berarti menjadi 800 kepala keluarga, hal demikian  karena melihat adanya usaha dari masyarakat yang diberi bantuan oleh kementrian Sosial selama itu dalam laporan track recordnya sangat baik dan fositif.

“Bagi masyarakat yang berhak menerima tetapi belum terpenuhi dimohon agar sabar menunggu, karena saya akan berusaha meningkatkan percepatan pemberdayaan ekonomi masyarakat di Tabalong,karena semakin banyak bantuan yang diberikan otomatis semakin  banyak masyarakat menerima ,pada akhirnya kedepan masyarakat akan lebih sejahtera dan mereka bisa keluar dari porgram PKH lebih cepat.”pungkasnya.

Masih diacara yang sama, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tabalong  ,H.Yuhani mengucapkan terima kasih kepada Kementrian sosial melalui Direktur penanganan fakir miskin Pedesaan Kementerian Sosial  karena mendapatkan bantuan  RTLH dan Kube.

“Ini merupakan bentuk perhatian dari pusat kepada Tabalong karena jujur saja di Kalsel yang hanya mendapatkan bantuan ini hanya Kabupaten Hulu Sungai Utara dan Kabupaten Tabalong ,”tuturnya.

“Jadi kita sangat berterima kasih kepada kemensos RI dan yakin dengan bantuan ini pastinya akan menggerakan perekonomian masyarakat khususnya penerima program keluarga Harapan di Tabalong.”jelasnya.

Ia menghimbau bagi mereka yang menerima bantuan seperti , KPM,BPNT dan PKH berharap nantinya mereka dari sini  akan cepat keluar dari kemiskinan .

“Dan dengan penanggulangan kemiskinan ini  mudah mudahan dengan program ini  bisa berjalan dengan baik sehingga  kedepan mereka  bisa lebih cepat sejahtera, yang artinya penurunan angka kemiskinan akan lebih cepat dari pada sebelumnya yang agak lambat.”jelasnya. MC Tabalong/Said

Sebagian Berawan
27° | per 08:54 WITA