Oleh Media Center   Senin, 15 Oktober 2018
Jangan terbelenggu dengan Tradisi Kebiasaan Lama
164 Kali dilihat
Pemerintahan

MediaCenter, Tabalong - Saat ini dalam perhitungan keuangan pemerintah sudah memasuki triwulan ke empat atau triwulan terakhir di tahun 2018.
Anggaran  Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Tabalong, DPRD setempat sudah menyetujui APBD Perubahan. Begitupula evaluasi gubernur juga sudah. Berarti kita sudah bisa melaksanakan kegiatan-kegiatan yang sudah dialokasikan dananya.
Hal tersebut dikatakan Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani, saat memimpin apel Senin gabungan di Taman Giat Kota Tanjung, Senin (15/10).
Bupati juga mengingatkan, kegiatan- kegiatan yang harus dilelangkan segera dilakukan, karena proses lelang memakan waktu, begitu pula dengan kegiatan lainnya.
“Saya lihat kita masih terbelenggu pada tradisi kebiasaan lama. Yang mana di triwulan keempat ini ada kegiatan - kegiatan yang menumpuk. Misalnya, membuat pertanggung jawaban perjalanan dinas dalam daerah, jangan sampai menumpuk di akhir tahun anggaran,”katanya.
Selain itu Dia juga meminta semuanya bekerja keras dan bekerjasama, “saya minta kepada semua kepala SKPD untuk menumbuh kembangkan kerjasama didalam,” imbuh Anang.
Kerjasama itu sama dengan koordinasi, “Kita ucapan hari ini, bagus hari ini tetapi apabila tidak kita pupuk, tidak kita tumbuh kembang kan maka kerjasama dan koordinasi itu bisa kembali ke posisi yang buruk, seperti sebelumnya. Jadi ini yang mesti dipupuk, ditumbuh kembangkan,” tegasnya.
“Saya melihat ada SKPD yang didalamnya kerjasama dan kebersamaan ini tidak berjalan dengan baik. Apakah egonya ada di kepala SKPD atau dibawahnya. Tetapi seyogyanya  ini tidak perlu terjadi . Karena pada dasarnya manajemen kepemimpinan pemerintah daerah itu menuntut kita untuk selalu bekerja keras. Tetapi bekerja keras saja tidak cukup kalau kita tidak bekerjasama untuk kebaikan,” katanya.
“ Saya ingatkan, jangan karena kita menjadi tuan rumah MTQ, jangan karena kita panitia MTQ, jangan karena semua ASN menjadi panitia, jangan karena kita mau menyambut hari jadi ke 53, lalu hal-hal  yang berkaitan dengan tugas menjadi terbengkalai,” ujar Anang.
Terlebih-lebih  saat ini, lanjut Anang, tim anggaran pemerintah daerah sedang melakukan rapat yang intensif dengan badan anggaran DPRD dalam rangka penyusunan APBD 2019. Jadi memang sepanjang tahun tugas itu tidak pernah surut.
“ Kalau dulu, bulan Januari - Februari dan  Maret itu agak santai. Tetapi sekarang tidak, Desember sambung Januari terus sampai ke bulan Desember berikutnya,” pungkasnya. (Win)

Sebagian Berawan
27° | per 08:54 WITA