Oleh Media Center   Kamis, 09 Agustus 2018
Desa dan Kelurahan Di Tabalong Akan Gunakan Aplikasi SIDEKA
73 Kali dilihat
Politik & Hukum

MediaCenter,Tabalong -  Untuk mempermudah tata kelola Desa atau Kelurahan dalam segi data  dan Informasi, Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Tabalong menggelar bimbingan teknis pembuatan sistem informasi Desa dan Kawasan (SIDEKA) berbasis website di Aula Ali Wardhana, Kamis (9/8). Bimtek ini diikuti sebanyak 78 orang  dari aparatur Desa, Kelurahan, pada Kecamatan Tanjung, Tanta, Murung Pudak, Kelua dan Haruai, acara ini berlangsung dari tanggal 9 -14 Agustus 2018.

Kepala Bidang E-Government Diskominfo dan Statistik Kabupaten Tabalong, Ilham Alfianoor mengatakan bahwa Sistem Informasi Desa dan Kawasan (SIDEKA) merupakan sebuah sistem berbasis web yang berfungsi untuk tata kelola desa dan sumber pemberian informasi desa, yang pada prinsipnya segala informasi desa berada dalam satu data. “SIDEKA ini dikembangkan untuk mewujudkan desa mandiri dan dirancang untuk mempermudah layanan administrasi dan informasi bagi pemerintah desa” Jelasnya.

Sementera itu, Plt Kepala Diskominfo dan Statistik Kabupaten Tabalong H. M. Aberani Aberar membacakan sambutan Bupati Tabalong mengatakan SIDEKA ini dikembangkan dengan prinsip-prinsip partisipasi, transparansi dan akutabilitas dalam upaya mendorong pemberdayan masyarakat serta mewujudkan nilai-nilai demokratisasi di tingkat Desa. "Diharapkan nantinya para peserta dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat dalam bimtek ini, guna memberikan pelayanan prima dan optimal kepada masyarakat dan Desa masing-masing"jelasnya.

Hal ini pun disambut baik oleh Susanto, Kaur keuangan Desa Padang Panjang Kecamatan Tanta yang mengatakan untuk infasilitas di Kantor Desa sudah tercukupi dan mampu untuk menjalankan sistem ini. “SIDEKA sudah kami gunakan sejak 2015 dan sudah berjalan dengan baik” pungkasnya. (Mc Tabalong/Mona).

Sebagian Berawan
27° | per 08:54 WITA